by yulius eka agung seputra,st,msi
Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa sesungguhnya
administrasi dan manajemen adalah sama, hanya saja istilah administrasi
digunakan pada badan / organisasi pemerintah, sedangkan istilah manajemen
dipergunakan untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya dengan
manajer, tetapi organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan
istilah manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran,
manajer pembelian dan lain-lain. Serta kepala bagian administrasi keuangan,
kepala bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan
bahwa hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah sebagai
berikut :
1. Kepemimpinan merupakan arti dari manajemen
2. Melalui manajemen semua kegiatan di koordinir dan
diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
3. Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk
di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen
administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau diluar organisasi (formal).
4. Organisasi (formal) merupakan tempat dilaksanakannya
kegiatan administrasi.
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari
sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan
sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama
untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua
orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk
pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan
struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang
bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar